Sukses Wawancara Dengan Percaya Diri dan Keahlian

Sukses Wawancara

Sukses Wawancara

Sukses Wawancara Dengan Percaya Diri dan Keahlian

Assalamualaikum sobat blog yandi dan apa kabarnya hari ini? pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada sobat yang sedang mencari kerja atau yang baru lulus tapi susah cari kerja. Pasti masalah wawancara banyak yang tidak lulus seperti saya dulu he he he.

Ini pengalaman saya dulu tahun 2004 sebelum dinyatakan lulus Alhamdulillah sudah diterima di salah satu konsultan IT di Bandung. Mundul lagi kebelakang, saya memiliki impian bekerja di konsultan IT pada saat PKL tingkat akhir, saya ambil D3 di LPKIA Bandung yang cool dan lulusannya mudah bekerja.

Ternyata tidak semudah itu mendapatkan pekerjaan pada saat itu, apalagi saat ini pasti saingan bertambah terus setiap tahun sedangkan lapangan pekerjaan semakin sempit.

Pada saat saya masih PKL saya mencuri start untuk melamar pekerjaan dari iklan koran Pikiran Rakyat setiap hari sabtu, semua lowongan pekerjaan it saya kirim CVnya kecuali ada beberapa walk interview.

Alhamdulillah ada walk interview langsung besok ke salah satu konsultan IT , yang harus dipersiapkan:

  1. Jangan begadang kalau mau interview
  2. Setelah shalat shubuh jangan lupa mandi jangan tidur lagi
  3. Pakai kemeja panjang putih dan celana hitam
  4. Bawa CV dan jangan lupa bawa pulpen
  5. Sarapan jangan terlalu kenyang
  6. Inga inga jangan merokok dulu tahan-tahan ya, karena merokok dapat menyebabkan gelisah
  7. berangkat jam 6 pagi dari rumah karena kalau kita belum tahu lokasi bisa terlambat
  8. ucapkan salamat pagi dan jabat tangan dengan percaya diri, tatap mata dengan penuh harapan (ngarep diterima kerja)
  9. Jawab pertanyaan dengan singkat jangan bertele-tele
  10. Jawab pertanyaan dengan jujur
  11. Berikan penjelasan mengenai keahlian yang sudah didapat di bangku kuliah, salah satu saja yang benar-benar sobat kuasai
  12. Kalau gaji yang baru lulus cari informasi UMR kota sobat melamar
  13. Kalau gaji yang sudah berpengalaman bisa negoisasi sesuai keahlian dan pengalaman sobat (atur aja mau berapa)
  14. Jangan lupa ucapkan terima kasih dan berkata “saya berharap baik bisa diterima di perusahaan bapak”

Selamat mencoba dan semoga sukses, ingat sebelum saya diterima di konsultan IT saya sudah melamar dan wawancara kurang lebih 40 lamaran dan itu semuanya gak lulus he he he. Jadi intinya jangan pernah menyerah dan terus berusaha untuk mendapatkan pekerjaan dan  selalu waspada jika ada walk interview yang meminta uang dulu.

Sukses Wawancara Dengan Percaya Diri dan Keahlian

Posted on February 8, 2014, in Karir, Lowongan Pekerjaan, Pengalaman and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

